Header Ads

5 Langkah Sukses Memaster Trotolan Murai Batu Oleh PUTRA MASTER JOGJA


PUTRA MASTER JOGJA

Pandemi covid 19 membuyarkan segala angan angan kita. Rencana yang pernah kita susun tiba tiba harus tertunda bahkan terhenti. Hampir semua kegiatan hanya bisa dikerjakan di rumah "WORK FROM HOME". 

Hal ini yang membuat seorang Bayu Saputra atau biasa di panggil Bay Krajan untuk memberdayakan koleksi burung burung masteran nya sebagai pembimbing vokal bagi anakan murai batu dengan membuka kelas PEMASTERAN & PERAWATAN PAUD MURAI BATU yang ia beri nama PUTRA MASTER JOGJA.

Berlokasi di dusun Krajan tepat di samping barat Gantangan Krajan, yang juga merupakan kediaman Bay Krajan, sekolah pemasteran paud murai ini berlokasi. Publikasi yang ditempuh lewat sosial media dan informasi dari mulut ke mulut langsung direspon khalayak, yaitu peternak dan penghobi burung murai batu. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, sudah ada beberapa kicau mania yang mempercayakan paud murai ke PMJ, yang sebagian besar adalah teman dekat yang sudah mengenal dan mengetahui kapasitas koleksi burung burung master milik Bay Krajan yang memang memenuhi standar kelayakan sebagai guru vokal bagi paud murai batu. Antara lain : cucak Cungko, Jalak uren, Cucak Jenggot, Siri siri, Serindit jantan-betina, Rambatan Paruh Merah, Rambatan Doraemon, Pelatuk Sampit dan lain lain. 

PUTRA MASTER JOGJA (PMJ) dalam merawat "siswa" nya memberlakukan hal hal sebagai berikut sebagai standar perawatan :

1.Kebersihan 

Setiap hari kandang dan tangkringan dibersihkan dari kotoran dan sisa makanan. 

Wadah pakan dan minum selalu diganti dengan wadah yang sudah bersih.

2. Pola Pakan

Pakan standar berupa voor selalu diganti dengan yang baru setiap pagi.

Pemberian jangkrik diberikan dalam jumlah banyak untuk memacu pertumbuhan dan menambah kecerdasan piyekan dalam merespon master dan lingkungannya. 

Memperkenalkan ekstra fooding lainnya seperti Kroto, ulat dan cacing agar burung mudah di kondisikan pada saat dewasa nantinya. 

3. Pola Mandi dan Jemur

Pola mandi karamba adalah pelajaran wajib bagi piyekan. Agar kelak terbiasa mandi di karamba. 

Penjemuran rutin dilaksanakan agar performa burung tetap terjaga. 

4. Pola Pemasteran. 

 Dalam hal ini PMJ mengandalkan burung burung master dari karakter rol dan tembakan di siang hari dan memakai alat master elektronik pada malam hari. 

5. Mengenal Karakter Burung.

Dengan pola perawatan yang di lakukan setiap hari, secara tidak langsung PMJ mengenali karakter "siswa" nya. Ada buku catatan untuk mendokumentasikan perkembangan burung yang kelak akan di serahterimakan ke pemilik burung saat pendidikan dirasa cukup. Dan burung dikembalikan ke pemiliknya. Dengan disertai sertifikat kelulusan.

Pada usia sekitar 2 bulan atau saat burung sudah bisa makan dengan lancar (usia mandiri) burung baru bisa dititipkan ke PMJ. 

Di perkirakan saat menginjak usia 6 bulan atau 4 bulan dalam perawatan PMJ burung sudah mampu merespon lingkungan nya dan mengeluarkan power dalam kicauannya. Serta sudah menyerap lagu masteran yang diberikan. 

Akan tetapi dalam kenyataannya diusia  2 bulan dalam perawatan PMJ paud murai sudah mampu membawakan lagu dengan power setara burung dewasa. Atau dengan kata lain di usia 4 bulan, paud murai sudah menjadi murai dengan gestur dan sikap layaknya murai dewasa. 

Dalam melakukan perawatan terhadap "siswa" PMJ tidak memakai vitamin kimiawi. Dan untuk memaksimalkan hasil yang dicapai, jumlah "siswa" di batasi maksimal 20 ekor. 

Biaya perawatan yang dikutip sebesar Rp. 300.000 per bulan. 

PMJ juga memberlakukan sistem "DO" bagi paud murai rawatannya apabila selama 3 bulan tidak ada kemajuan dalam menyerap materi masteran akan di pulangkan ke pemilik. Hal ini dilakukan sebagai upaya efisiensi biaya bagi pemilik murai tersebut agar tidak terlalu banyak keluar biaya.

Bagi rekan-rekan yang berminat menitipkan paud murai batu silahkan menghubungi Bay Krajan 0878-3888-2999. 

Salam ( ags lintashobi )

No comments