Header Ads

Pasca Mabung Kenari ARAK BALI Tampil Sebagai Kenari Terbaik Di APB Samarinda

 

Penampilan kenari ARAK BALI milik Satria Bapak Elnes /RKM Indonesia di latber APB Like Monday Gantangan Ring Road APB Samarinda begitu apik dengan durasi lagu panjang dan durasi kerja rapat nyaris tanpa jeda.  Berhasil menduduki peringkat 2 di sesi A dan juara 1 di sesi 20k Kenari BBS STD Pergansa. Dan berdasarkan perhitungan poin tersebut, ARAK BALI dinobatkan sebagai Kenari BBS Terbaik dalam gelaran Senin, 25 Januari 2021. 

ARAK BALI kenari bergalur AF Standar kecil yang dipinang dari rekannya satu komunitas RKM Indonesia di Yogyakarta ,  sekira satu tahun silam sebelum masa pandemi.  

Sebelum masa pandemi, ARAK BALI sudah sempat mengukir prestasi di berbagai event di Samarinda. Namun hal itu tidak berlangsung lama karena saat itu virus Corona sedang mewabah di seluruh dunia dan pemerintah menerapkan sistem lockdown di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan lomba burung otomatis terhenti dan secara kebetulan ARAK BALI juga memasuki masa mabungnya (ganti bulu). Di awal tahun 2021 proses mabung sudah selesai dan Satria mulai melatih ARAK BALI pada event latber Senin di gantangan Ring Road APB yang berlokasi di MH Ardas Ring Road 2 Suryanata Samarinda. Satria mengaku puas dengan kinerja ARAK BALI. Meski belum maksimal seperti semula tapi hal ini sudah bagus. Ada peningkatan di durasi lagu dan durasi kerja. Demikian disampaikan Satria kepada Lintas Hobi. 

Gantangan APB Samarinda

Dalam hal perawatan, ARAK BALI termasuk jenis kenari yang tidak menuntut perhatian ekstra. Pagi hari di embunkan 1 jam, jemur 30 menit lalu dimandikan dengan menyediakan air bersih di dalam cepuk oval, Setelah itu kandang dibersihkan. 

Pemberian ekstra fooding  berupa Sawi hijau, oyong, jagung manis , apel dilakukan rutin setiap hari dengan di selang seling. Ekstra fooding yang diberikan secara bervariasi diharapkan agar burung tidak bosan dengan menu pakan dan selalu terjaga nafsu makannya sehingga kondisi kesehatan juga stabil. Kemudian burung dikerodong tipis dan disimpan di dalam ruangan agar tidak terkena hembusan angin secara langsung. 

Sebagai pakan utama, Satria memberikan pakan biji bijian ber merk Racikan Kenari Moncer. Sebanyak satu sendok teh setiap pagi saja. Satria berbagi tips, sebelum memberikan pakan bijian merk apapun pastikan bahwa pakan tersebut tidak berjamur dan masih memiliki aroma/bau seperti saat pertama kali kita membuka bungkusnya. Pindahkan pakan tersebut kedalam wadah kedap udara dan menyimpan pada suhu kamar. 

Pakan bijian untuk kenari tersebut setiap hari harus selalu diganti dan porsi yang diberikan usahakan tidak kurang maupun berlebihan atau sekira satu sendok teh saja, tutur pria yang berprofesi sebagai karyawan di PDAM dan aktif sebagai anggota Antasari BC Samarinda. 


Salam. ( ags lintashobi )


No comments