Header Ads

Kacer LODEH Nira SF Nyaris Nyeri Di Launching Ramadhan Independent Sadis Team

Launching Ramadhan Independent Sadis Team, Senin 26 April 2021 berlokasi di gantangan HG Brother Pasar Unggas Pleret Bantul berlangsung meriah, tertib dan tentu saja masih berlandaskan protokol kesehatan. 

Dari nol kilometer Malioboro sekira 25 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor menuju ke arah tenggara kita akan sampai dilokasi gantangan. Event launching Sadis Team ini sebagai penanda bahwa di setiap hari Rabu pukul 14.30 akan digelar latber rutin dalam format pakem penjurian Sadis Team yang mengacu pada sistem pakem PBI (Pelestari Burung Indonesia).

Sadis Team bermaksud membuat terobosan baru dalam hal penjurian. Tingkat apresiasi terhadap burung kerja lebih dikedepankan dari sekedar mencari kesalahan atau biasa disebut pelanggaran burung saat di lombakan. Tentu saja bukan sekedar burung kerja, tetapi kerja burung tersebut sudah memenuhi kriteria kelayakan sesuai standar kualitas.Dalam hal ini standar kualitas mengacu pada pakem penjurian PBI . Sadis Team tidak hanya mengedepankan show atau gaya burung dalam menentukan juara. Demikian disampaikan Mahrus Ali atau  akrab di sapa Mr Jombang, seorang yang dituakan dalam organisasi Sadis Team. 

Sebagai contoh disesi Murai Batu B. Peserta gantangan 16 meskipun sempat terjatuh di dasar, sangkar tetapi masih dianggap layak sebagai pemenang dan di ganjar bendera C2 karena kinerja burung benar benar maksimal dan bermateri. Sebagai seorang pemain yang eksis diperlombaan burung berbagai even , Jombang merasa sayang jika harus "meninggalkan" burung tersebut yang apabila di pandang dari kinerjanya layak sebagai juara 1. Hanya karena sebuah insiden kecil , terpeleset hingga di dasar sangkar harus dikalahkan. Meskipun bukan sebagai yang terbaik, gantangan 16 sesi murai batu B berhak menerima penghargaan koncer bendera C2. 

Sadis diambil dari nama salah satu gacoan Mr Jombang. Seekor burung Cendet dengan sederet prestasi. Puncaknya ditahun 2019, Sadis berada diurutan tiga besar event PIALA RAJA di sesi kelas MAHARAJA. Salah satu kelas paling bergengsi di event tersebut dan langsung dipinang oleh salah satu tokoh kicau mania Yogyakarta yaitu Mr H Agus Gamping. Dan pada saat yang sama Team Sadis terbentuk. 

Launching Ramadhan Independent Sadis Team dihadiri kicau mania dari segenap penjuru Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Team Cendet Indipenden Klaten CJDW & Manyaran Bersatu

Teristimewa dikelas cendet. Komunitas Cendet dari Bantul, Gunung Kidul, Klaten, Magelang bahkan Temanggung turut meramaikan gelaran ini. Seperti Team Cendet Independen Klaten CJDW dan Manyaran Bersatu turut hadir dan menurunkan 4 ekor cendet , 3 Murai Batu, C ijo serta Kacer. 

Karena selama Mr Jombang selalu aktif hadir di setiap gelaran event di dalam Jogja maupun luarkota, maka sudah selayaknya kami turut meramaikan gelaran Mr Jombang. Demikian disampaikan Cak Lontong mewakili Team Cendet Independen Klaten CJDW. 

Seorang wajah lama yang saat ini mulai merambah ke kompetisi kicau lagi yaitu Iwan Nira juga turut menurunkan gacoannya antara lain Kacer dan Cucak Hijau. Kacer LODEH menyajikan permainan yang menarik dan menonjol di sesi Kacer A dan B. Meraih juara 1 di sesi A dan juara 2 di sesi B. 

Launching Ramadhan Independent Sadis Team terbagi dalam empat kategori kelas lomba yakni : Wisanggeni 50k, Sadis 40K, Semeru 30K dan Kurama 20k dengan 17 sesi lomba. Gelaran berlangsung tertib, lancar dan hampir tanpa komplain dari peserta.


No comments