Header Ads

Latber Kronggahan Jogja, Ajang Perburuan Gacoan. Murai Batu Tank-Kop Tampil Ciamik. Sabtu 22 Agustus 2020

 


Seperti biasa di akhir pekan, kicau mania DIY memadati area gantangan Kronggahan yang terletak wilayah Sleman Utara Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk sekedar refrseh dari rutinitas harian, menjajal settingan  gacoan mereka, silahturahmi dengan sesama kicau mania bahkan banyak juga yang berburu bahan bahan gacoan untuk diorbitkan ke level lomba yang lebih tinggi.



Di sesi Kenari Std Kecil A, Fathkan Bintang Kenari berada di rangking teratas, dengan debutan yang baru dirawatnya sekitar 2 minggu ini, Bintang Lapangang merupakan burung yang belum berpengalaman digantang, pasca mabung, bulu baru, tidak langsung digantang di tengah (jepit apit) tapi harus dilatih secara bertahap, dari gantangan pinggir, baru setelah burung nyaman bisa di coba ke gantangan tengah. Untuk mengantisipasi agar burung tidak over birahi. Demikian Fathkan berbagi tips.


Kenari Standar Bebas, Bpk Indro Billion dengan debutannya TSUBASA, Tampil diposisi teratas. Pak Indro rajin menghadiri gelaran - gelaran latber atau latpres untuk kelas Kenari dan ocehan di wilayah DIY - Jateng. Burung2 orbitan beliau cukup dikenal dikelas - kelas nasional.

Eko Klanting 


Sesi Murai Batu A. Tank-Kop dari Arlano -Super Star SF berada diurutan ke kedua. Dengan diawali lagu prenjak, disusul besetan cucak jenggot, rambatan dan kenari Tank-Kop tampil ciamik. Persaingan di kelas ini begitu ketat dihadiri sekitar 40 peserta.


Petir Sun selaku koordinator lapangan mengucapkan terimakasih kepada rekan - rekan kicau mania yang selalu meramaikan gelaran KBC dan sudah tertib untuk tidak berteriak menyebut no gantangan dan nama juri yang bertugas. 

Dalam setiap gelaran Latber, KBC memasang formasi di lini penjurian sebagai berikut, 6 juri, 3 korlap dan 2 juri untuk memantau pelanggaran burung ( burung minus ). 
Diharapkan formasi tersebut penjurian bisa optimal. 
Akan tetapi kami dan rekan - rekan juri adalah manusia biasa yang tak lepas dari kesalahan. Apabila ada penilaian kami yang dianggap  kurang layak, mohon disampaikan dengan sopan. Kami akan menjelaskan tentang fakta yang terjadi di lapangan saat itu. Demikian disampaikan Petir kepada crew Lintas Hobi. 

Salam. ( ags rkm )









No comments