Header Ads

Berwisata ke Arsitektur Megah dari Alam di Yogyakarta

                  
Yogyakarta terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang mempesona.Dibalik keindahannya itu. Yogyakarta juga memiliki wisata olahraga ekstrim yang dapat menguji adrenalin kita.Salah satunya
adalah Goa Jomblang.Goa ini terletak di Jetis Wetan,Pancarejo,Semanu,GunungKidul,Yogyakarta.



Taukah kamu sobat Lintas Hobi.goa ini merupakan goa terbesar yang ada di Yogyakarta.Dimana diameter mulut goa bisa mencapai 50 meter dan biasa disebut Luweng Jomblang.Di dalamnya sobat dapat menikmati kemegahan arsitektur yang di suguhkan oleh alam.Terlebih jika sobat berjalan beberapa meter kedalam goa,sobat Lintas Hobi akan dibawa kesisi lain goa yakni bernama Goa Grubuk.Di Goa Grubuk inilah Sobat dapat menikmati air terjun yang menambah kesan magis didalam goa.
 Ada yang paling di tunggu - tunggu dan sudah terkenal sekali momen satu ini ditemukan di Goa Jomblang.Yakni,ketika sobat sudah berada dilokasi air terjun,tepat pukul 12 siang,saat sedang cerah - cerahnya, akan ada cahaya matahari yang lurus langsung masuk kemulut goa.Cahaya ini sangat jernih dan terang bak"Cahaya Surga" dari Ilahi yang menerangi sudut - sudut tergelap goa yang menampakkan kemegahan didalam goa dan kita akan terkagum - kagum dengan kemegahannya.
Nah, pada kesempatan kali ini, Mahasiswa Pecinta Alam dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang biasa disebut MAPALA UMY, melakukan Latihan Rutin Caving di Goa Jomblang.Latihan ini dilakukan untuk melatih kemampuan Menejemen Perjalanan, Menejemen Perbekalan dan Peralatan.Dalam ilmu Caving atau Susur Goa sendiri akan di latih kemampuan Single Rope Technique (SRT) dan Anchor (Penambatan).
Kenapa memilih Goa Jomblang?Jadi sobat Lintas Hobi, Goa Jomblang ini selain diameternya yang lebar, kedalamannya juga mencapai 90 meter. Kedalaman ini sangat ideal untuk melakukan SRT,teknik yang dipergunakan untuk untuk menelusuri gua-gua vertikal dengan menggunakan satu tali sebagai lintasan untuk naik dan turun medan-medan vertikal.Beruntungnya lagi,disekitar mulut goa juga terdapat pohon-pohon yang kokoh,sehingga dapat dijadikan Penambatan.
MAPALA UMY sudah sering menggunakan Goa Jomblang sebagai lokasi untuk melatih anggota mereka dalam ilmu susur goa atau Caving.Dengan membawa peralatan mereka sendiri yang lengkap seperti tali Carmantel,Carabiner,Set lengkap SRT,dan masih banyak lagi.
Tapi kalian jangan khawatir sobat Lintas Hobi,karna untuk para wisatawan yang mau mencoba aktifitas ekstrim ini,pengelola Goa Jomblang tidak hanya menyediakan penginapan dan Toilet umum saja,namun juga sudah memberikan fasilitas dan Guide berpengalaman yang dapat digunakan para wisatawan untuk turun kedalam goa dan menikmati keindahan alam di Goa Jomblang.



Nah sobat Lintas Hobi,tertarik untuk berwisata ke Goa Jomblang?

[Red:Iwa]
04/02/2019

Berikut video dokumentasi kegitan Penyusuran Goa Jomblang yang dilakukan oleh Anggota MAPALA UMY





No comments