Header Ads

Gebyar Ramadhan BBC Feat MBKP, Romli Kuasai Semua Kelas Kenari


Latpres Gebyar Ramadhan BBC Feat MBKP, Minggu 02 Mei 2021.

Gantangan BBC berkolaborasi dengan Komunitas Murai Batu Kulon Progo menggelar latpres bertajuk Gebyar Ramadhan BBC Feat MBKP pada hari Minggu 02 Mei 2021. Berlokasi di Pasar Hewan Terpadu, Timur Kecamatan Pengasih Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Dalam 4 kategori kelas lomba antara lain RAMADHAN 10OK, Binangun 50k, Geblek 30k dan Growol 20k. Tersusun dalam 22 sesi lomba. Lokasi gantangan berada di area Pasar Hewan Terpadu kabupaten Kulon Progo. Seiring dengan adanya Bandara YIA yang merupakan akses pokok bagi para tamu dan wisatawan yang berkunjung ke DIY, Menjadikan gantangan BBC dilirik beberapa EO besar untuk menggelar event berstandar nasional karena letak lokasi gantangan hanya berjarak sekira 10 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Yogyakarta International Airport (YIA) dan fasilitas penginapan atau hotel sebagai sarana penunjang mulai bermunculan di wilayah Kulon Progo. 

Gantangan BBC kependekan dari BINANGUN BIRD CLUB. Diambil dari semboyan Kulon Progo Binangun ( Beriman, Indah, Nuhoni, Aman, Nalar, Guyub, Ulet dan Nyaman) , sementara nama nama kelas dalam latpres ini diambil dari nama makanan khas daerah Kulon Progo yaitu ; Geblek dan Growol. 

Berawal dari pertemuan sesama kicau mania penghobi gantangan untuk sekedar menjajal gacoannya atau biasa di sebut "ngecas" BBC ini terbentuk di tahun 2002 meski pada saat itu struktur organisasi belum dikukuhkan. Lokasi gantangan juga sempat berpindah pindah dan pada akhirnya hingga saat ini berdiri di dalam area Pasar Hewan Terpadu Pengasih. Penggagas BBC adalah kicau mania putra daerah Kabupaten Kulon Progo. Dalam hal pendanaan para penggagas rela merogoh kocek masing-masing , bergotong royong demi terwujud berdirinya sebuah gantangan lomba burung di wilayah mereka, yaitu Kulon Progo. 

Rintisan yang dilakukan bukan sesuatu yang instan. Berbagai kendala harus dihadapi secara mandiri dan kebutuhan finansial juga di atasi secara swadaya oleh para perintis gantangan BBC secara gotong royong.  Kematangan dalam berorganisasi dan eksistensi menggelar latihan bersama / prestasi telah membentuk pangsa pasar tersendiri gantangan BBC yaitu kicau mania kulon Progo, Purwerejo bahkan sampai ke Cilacap. Binangun Bird Club memiliki gantangan dengan kapasitas 60 peserta. Konstruksi kokoh dengan ketinggian dan jarak masing masing nomer gantangan sesuai standar lomba burung berkicau. 

Tanpa adanya pagar pembatas, peserta bisa saja berada hanya 1 meter dari tepi gantangan dan takala gacoan mereka tampil bagus akan memunculkan euphoria dan biasanya disertai teriakan. Tapi hal ini bukan merupakan masalah yang berarti bagi Binangun BC. Sebagai sesama pemain lomba burung berkicau, saya memahami dan maklum dengan hal tersebut selama dalam batas kewajaran. Boleh berteriak tapi jangan mengintimidasi juri. Dan selama ini keakraban antara peserta dan panitia sudah terjalin dan bersinergi. Peserta paham akan batasannya demikian disampaikan Arief OKJ selaku Kabid Penjurian Binangun BC. Bahkan hal ini bisa kita sikapi secara positif, bagi juri yang tidak terbiasa dengan "tekanan" semacam ini, pasti akan "nge blank" atau kehilangan konsentrasi saat menilai kualitas burung. Alhamdulillah juri juri kami sudah terbiasa dengan kondisi ini dan memupuk mental mereka untuk tetap percaya diri dan fokus, sambung pria yang sudah malang melintang di divisi juri berbagai organizer. 

Bahkan juri binaan Binangun banyak yang dipercaya oleh EO lain untuk bertugas dalam gelaran mereka. Imbuh Ananto Rizka selaku ketua pelaksana saat ditemui lintas hobi. 

Sesi kenari.Muncul nama ROMLI, seekor kenari berpostur F1 Ys dari trah hybrid, warna bon kuning simetris, ditampilkan oleh KAW Team di seluruh kelas kenari, yaitu : kenari standar kecil A dan B , Kenari Standar bebas A dan B berada di posisi juara 1,1,2,2. 

Selain kenari, KAW team juga menurunkan Murai Batu Zeus berhasil menduduki peringkat 3 dan Konin sebagai juara 1. 

Sedangkan di sesi Kacer, RUBICON milik Mr Sigit Pupuk (Sumber Tani Maju) bermain apik di dua sesi yaitu sesi Kacer Binangun dan Kacer Geblek. Kinerja RUBICON hampir tanpa jeda dengan gaya khas, getar sayap sambil bongkar isian tajam membuat juri sepakat mengganjarnya sebagai juara 1 dan 3. 

Latpres Gebyar Ramadhan BBC Feat MBKP berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Dan berakhir menjelang adzan Maghrib berkumandang. 

Tampil sebagai juara umum adalah SENGKUNI TEAM.


Salam




No comments