Header Ads

Latpres BJB Ronggolawe,Penerapan Sistem "Dorong"Pada rotasi Juri. Dewa Ruci Curi Perhatian Di Kelas Kenari Standar Bebas


Latpres BJBC Ronggolawe 6 Oktober 2020

Berlokasi di sebelah barat Hartono Mall Yogyakarta, gelaran latpres siang itu dibanjiri peserta dari sekitar DIY, Magelang dan Klaten. 

BJBC Ronggolawe menerapkan sistem  "dorong" pada rotasi juri mereka. Artinya dalam melakukan penilaian saat gelaran masing-masing juri tidak saling bertemu, dan secara bergantian melakukan pantauan terhadap burung yang berlaga baik dalam kondisi burung diam maupun sedang berkicau. Sehingga semua burung digantangan bisa terpantau seluruh nya. 

Untuk memaksimalkan pantauan di lapangan terpasang 6 juri dengan 2-3 koordinator lapangan. 

Dalam melakukan penilaian di kelas lovebird, sistem hitungan poin disesuaikan seperti stopwatch. Latihan secara rutin latihan diadakan agar juri terbiasa  dengan sistem ini hingga pada akhirnya juri terbiasa dan hafal diluar kepala.Sistem seperti ini sangat di minati oleh para pemain lovebird, disampaikan Rizal Novianto selaku ketua pelaksana.Maka tak heran jika kelas lovebird selalu penuh di setiap gelaran BJBC. 

Disesi kenari standar Bebas.

Ada Yourie dari New Oskadon Sf. Dengan besutannya DEWA RUCI. Bertengger di gantangan 40. Kenari dari jenis Yorkshire lokal dengan ring Tiara tampil menawan. Volume yang lantang, irama lagu, durasi lagu, durasi kerjanya , gaya wiper dan warna kuning cerah menjadikan DEWA RUCI tampil karismatik di hadapan lawan lawannya. Berhasil berada di podium 2 kelas kenari standar bebas.  Selama ini Yourie dikenal rajin menyambangi gelaran berbagai EO di sekitar DIY, Magelang , Klaten. Dengan membawa gacoannya yaitu kenari. 

Rawatan DEWA RUCI tidaklah ribet.Pagi hari setelah sholat subuh, burung diembunkan sambil diberi air dalam cepuk untuk mandi. 

Pukul 7.00 pagi burung di masukkan kembali ke dalam rumah, setelah kandang dibersihkan, pakan & EF diganti baru dalam kondisi di kerodong. 

Sepulang dari bekerja sekira pukul 14.00. Burung di jemur beberapa menit saja.Lalu disimpan.Demikian disampaikan Yourie kepada Lintas hobi. Ketika ditanya tentang harga penawaran untuk DEWA RUCI, belum mahal ujar Yourie yang selama ini dikenal sebagai pengorbit kenari yang memiliki pelanggan hampir diseluruh Indonesia. 

Latpres BJBC merupakan sesi pemanasan bagi DEWA RUCI sebelum menghadiri gelaran PIALA PASUNDAN 4 besok hari minggu 11 Oktober 2020. 

Di sesi lovebird fighter ada A & R yang tergabung dalam GNP Sf. Dengan gaco andalannya WIRO.Berhasil masuk sebagai juara 2 disesi A & juara 1 disesi B.Penampilan WIRO begitu memukau dengan durasi mblandang super panjang. Keistimewaan dari WIRO adalah fighter murni.Artinya tidak ada pantangan warna, posisi di gantangan pinggir atau tengah tetap kerja maksimal.Maka tidaklah heran apabila rangkaian prestasi di event besar sudah banyak di kantonginya. 

Selain WIRO, A &. R juga menampilkan JAWIR, seekor murai batu. Berada di juara 2 sesi Murai Batu A.Insyaallah besok kami hadir di gelaran PIALA PASUNDAN 4.Demikian disampaikan Arief kepada Lintas hobi. 

Latpres BJBC hari itu berjalan lancar & cukup sukses. Tepat saat adzan Maghrib berkumandang gelaran latpres usai. 

Salam ( ags rkm ) 

No comments