Header Ads

KEINDAHAN GUNUNG PABES,YANG MENJADI PERADABAN SUKU REJANG


Stabik Muloi Jijai... 
Sebuah Gunung menjulang tinggi dikelilingi dengan sejarah peradaban Suku Rejang. PABES namanya, namun sebelumnya,masyarakat Adat Rejang mengenal dengan sebutan Tebo Pabes,Dan Peradaban Melayu Tua menyebutnya dengan nama "Bukit Pengintai", atau nama lainya "Gunung Sepikul", Tebo Tanem Tukau T'lau.  Gunung ini merupakan petilasan Tuan Rajo Mawang, Raja Ke ll di Tanah Rejang dari Petulai TUBEI. 

Dari puncak Gunung tersebut tepatnya arah utara berdiri sebuah bukit bernama "Punguk Pucung", dalam Tembo Suku Rejang maka bukit tersebut merupakan petilasan Tuan Setio Klawang yang tak lain,Beliau adalah kakak tertua Tuan Rajo Mawang. Kemudian, jika kita berdiri diatas puncak gunung PABES  arah Timur maka Kita akan disuguhkan pemandangan Bukit Tepuk. Sama halnya dengan bukit Pucung tadi, Bukit ini merupakan Petilasan Tuan Putri Senggang adek bungsu dari Tuan Setio Klawang & Tuan Rajo Mawang
Diwilayah Gunung tersebut ada beberapa tempat yang sangat bersejarah baik masyarakat adat Suku Rejang yang masih dikenang sampai detik ini juga.Tempat yang saya maksud tersebut erat kaitannya dengan sejarah Suku Rejang.  Sebut saja Keang Anyea,Lekok Gaung,Butau Tlas,Imo Unang-unang, Air Terjun Tunjuk Langit, Kutai Belek Tebo, Gragung Kutai Tiak Teko, Klikut, Ujung Langit Pagar Bulan,Butau Lai,Air Amen,Air Gmulok, Air Pabes,Air Tlas.

Mohon maaf kepada semua pembaca postingan ini, nama² tempat tersebut Saya tulis dalam bahasa Rejang karena nama tempat  tersebut sarat akan makna leluhur setempat.




Mari berkunjung dan berwisata ke Gunung Pabes 1036 MdpL di desa Daneu Kecamatan Lebong Atas kabupaten Lebong provinsi Bengkulu Provinsi Bengkulu. Tanah Rejang menanti kunjungan rekan penggiat alam dan juga pecinta wisata sejarah. 
KPA WARANG IMO Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu  

Salam Masyarakat Adat dari AMANDA TANEAK JANG. ( RS )

Salah satu jalur menuju Gunung Pabes.




No comments