Header Ads

Kisah Sukses ZIPO BBF Pati Dari Kandang Sederhana Hasilkan Juara



Sebelum beternak lovebird, dengan brand ZIPPO BBF Pati, Om Rohmat Sofi'i aktif mengikuti berbagai lomba burung berkicau. Om Zippo, panggilan akrabnya, sudah akrab dengan dunia lomba burung sejak tahun 2010, terutama untuk jenis burung lovebird.

Dengan pola ketekunan dan konsistensi serta kasih sayang yang tepat, Maka akan membuahkan hasil yang nikmat. Itu yang kini dirasakan oleh Om Zipo BBF Pati. Dengan kandang sederhana dan pola rawatan yang sederhana pun Terbentuk Lovebird2 yang mumpuni untuk ajang perlombaan.Tapi memang tidak semudah itu,dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam beternak lovebird.Bongkar pasangan sering dilakukan agar menemukan hasil anakan yang diinginkan dan mumpuni untuk ajang perlombaan.

Pemilihan materi juga modal utama untuk membentuk sebuah trah atau karakter yang akhirnya layak untuk kwalitas sebuah lomba.Tidak dipungkiri awal mulai mencari materi indukan diawali dengan hunting gacoan dilatberan ataupun perlombaan.Dengan modal insting dan filling yang kuat akhirnya terpilihnya cikal bakal indukan yang akan kembali menciptakan trah trah kwalitas lomba.Tukar materi indukan dengan koleganya juga dilakukan oleh Mr.Zipo.

“Saya menerapkan sistem monogami sehingga bisa mengetahui persis siapa bapaknya". Kalau menggunakan kandang koloni, terkadang kita tak tahu induk jantannya. Selain itu, kalau pakai kandang koloni, jika terjadi wabah snot sulit diketahui secepatnya, sehingga mudah menular pada burung lainnya,” kata Om Zipo.Memang, proses penjodohan lovebird di sangkar harian lebih sulit daripada di kandang koloni. Namun jika sudah tahu caranya, semuanya menjadi mudah.

Dalam hal ini, kedua lovebird ditempatkan dalam sangkar terpisah, namun berdempetan. Apabila keduanya terlihat sering berdekatan, akur-akur saja, bisa disatukan dalam sangkar harian sekitar pukul 17.00, sembari dimandikan dengan cara disemprot.Ketika diangin-anginkan untuk mengeringkan bulunya, kita pantau kedua lovebird. Jika benar-benar cocok, keduanya tidak akan saling menyerang. Tapi jika terjadi saling serang, segera pisahkan keduanya, dan ganti dengan burung lain sebagai calon pasangannya.

Sebelum lovebird jantan dan betina disatukan, sangkar yang mau digunakan untuk beternak diberi gelodok, plus bahan-bahan penyusun sarang. Induk akan menyusun sendiri bahan-bahan sarang yang disediakan.Jarak waktu antara pembuatan sarang dan proses peneluran bervariasi. Terkadang ada yang 10 hari sudah bertelur. Namun ada juga yang butuh waktu sangat lama, tergantung kematangan dan kondisi induk, serta ransum pakan,” tambah Om Zipo.

Untuk pakan induk, Om Zipo membuat oplosan yang terdiri atas milet kiloan ( 3 bagian ) dan canary seed (1 bagian). Pakan oplosan ini dirasa lebih ekonomis ketimbang ransum komplet yang dijual di pasaran.

Sebelum diberikan kepada induk lovebird, bahan pakan direndam dalam air. Pakan bijian yang mengapung tidak akan digunakan (dibuang), karena pertanda kualitasnya kurang bagus. Pakan bijian yang tenggelam dijemur di bawah sinar matahari, atau bisa juga dioven maupun disangrai.

Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa kangkung atau jagung yang dipotong-potong. Air minum harus matang, untuk menghindari bakteri dan bibit penyakit lainnya. Seminggu sekali, sangkar dibersihkan dan disemprot desinfektan.

Pola pemasteran juga diterapkan sejak usia dini,Karena selain dari trah pola perawatan yang benar juga penunjang untuk sukses tidaknya dalam mencetak lovebird lovebird kwalitas lomba yang bertujuan untuk juara.Anakan yang siap dipasarkan rata rata mulai usia 2 bulan,yang dimana pada usia ini anakan sudah muncul bakatnya.Sudah banyak anakan ring ZIPO BBF yang berhasil moncer di konsumennya.Rasa bangga itu disaat konsumen tidak kecewa dan burung yang dibeli dari ZIPO BBF berhasil menjadi juara diarena lomba.

Harga anakan lovebird hasil breeding ZIPO BBF dibanderol Rp 350.000 hingga Rp 750.000, tergantung dari kualitas atau trah induknya. Pada kaki kanan anakan lovebird tersemat ring dengan kode ZIPPO BBF,


FB :Mat ZipPo BBF
Ds Rogomulyo Kec Kayen Kab Pati Jateng
Tlpn / WA : 0813-2569-2994
Berikut video kandang Zipo BBF PAti




No comments